Thursday, August 31, 2017

Masyarakat diimbau pilih plastik yang halal dan aman

Masyarakat diimbau pilih plastik yang halal dan aman
ilustrasi: plastik yang halal dan aman. (istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat diimbau memilih plastik yang halal dan aman untuk membungkus makanan dan minuman dengan baik, namun kemasan juga berfungsi melindungi isi produk agar tetap terjaga kualitas mutunya agar tidak rusak.

Sinar Joyoboyo Plastik yang memang telah memiliki agenda rutin setiap tahun dengan dengan Masjid Istiqlal Jakarta pada Hari Raya Kurban, Jumat (1/9) tahun ini pun membagikan ribuan plastik halal kepada ratusan masjid di Indonesia untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan pada masyarakat.

"Kami memahami di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya Muslim, halal sudah menjadi kebutuhan konsumen Muslim yang harus diperhatikan. Masyarakat juga bisa lebih tenang bahwa daging kurban yang dibagikan sudah dalam kemasan yang halal dan aman," kata Himawan Wijaya, Direktur Sinar Joyoboyo Plastik dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, berbagai jenis kemasan yang beredar di pasaran yang dikhususkan untuk produk pangan umumnya terbuat dari berbagai jenis bahan, ada yang terbuat dari kaleng, kaca, styrofoam, kertas dan juga plastik.

"Konsumen hendaknya dapat memilih plastik yang memiliki kualitas food grade atau yang biasa dilambangkan dengan sendok dan garpu yang artinya bahan plastik yang berkategori aman untuk bersentuhan dengan makanan," ujarnya.

Namun tidaak hanya memilih plastik yang berlogo sendok garpu saja, bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang Muslim ternyata plastik yang halal pun tidak kalah penting bagi makanan yang berfungsi melindungi makanan agar tidak terkontaminasi dari hal lain yang tidak halal.

Plastik yang diolah dengan berbahan dasar High Density Polyethelene yang telah bersertifikat Halal oleh MUI ini tentunya bisa menjadi pilihan.

Sinar Joyoboyo Plastik yang memang telah memiliki agenda rutin setiap tahun dengan dengan Masjid Istiqlal Jakarta pada Hari Raya Kurban tahun ini pun membagikan ribuan plastik halal kepada ratusan masjid di Indonesia untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan pada masyarakat.

Himawan juga mengimbau agar masyarakat lebih cermat dalam memilih plastik, plastik bisa dicermati dengan 3 cara, Dicium: Plastik yang baiknya tentunya bebas dari bau bahan kimia. Diraba: plastik jika diraba permukaannya halus tidak tersisa butiran butiran kasar atau mengumpal pada permukaannya. Diterawang: plastik juga dapat diterawang, plastik yang baik bersih tidak terdapat serat plastik atau kotoran. untuk lebih jelas nya konsumen dapat melihat tips cermat memilih plastik pada www.plastikbaik.com dan www.sinarjoyoboyo.com.

Biji plastik yang digunakan dan juga proses produksi sudah disertifikasi Halal ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sehingga ini merupakan terobosan besar yang layak mendapat apresiasi dan menjadi tonggak kebutuhan akan sertifikasi halal untuk kemasan produk pangan, sebab produk halal dan higienis merupakan kebutuhan utama masyarakat Indonesia, demikian Himawan Wijaya.
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Masyarakat diimbau pilih plastik yang halal dan aman

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.