Friday, March 30, 2018

Jalur Puncak bisa dilalui secara bergantian

Jalur Puncak bisa dilalui secara bergantian
Polisi mengatur lalu lintas saat penutupan jalur Puncak di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (29/3/2018). Ruas jalan jalur Puncak Gunung Mas, Bogor, hingga Ciloto, Cianjur, kembali ditutup karena longsornya bahu jalan. Jalan hanya boleh dilalui sepeda motor hingga waktu yang belum bisa ditentukan, menunggu kajian teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pihak terkait. (ANTARA /Yulius Satria Wijaya)
Kita akan coba hari ini untuk dapat dilalui kendaraan dengan sistem satu arah bergantian
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan saat ini Jalur Puncak Pass-Cianjur sudah bisa dilalui kendaraan secara bergantian.

"Kita akan coba hari ini untuk dapat dilalui kendaraan dengan sistem satu arah bergantian. Berdasarkan kajian bersama Kementrian PUPR perbaikan akan selesai sebelum hari raya beberapa bulan kedepan," katanya saat meninjau lokasi Jumat.

Dia menjelaskan saat ini jalur tersebut baru bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat berpenumpang, kendaraan berat seperti truk dan bus belum dapat melintas sampai perbaikan jalan tuntas.

Proses perbaikan tebing yang kembali longsor masih dilanjutkan dan rencananya dinas pekerjaan umum akan memapras lereng bagian kiri jalan agar landasan jalan lebih kuat. "Perbaikan kembali tebing yang nyaris membuat jalan ambrol dapat diperbaiki tanpa beban di atasnya," kata Agung.

Dia menambahkan mulai hari ini jalur Puncak akan dibuka kembali dengan sistem buka tutup satu arah di lokasi bencana. Jalur tersebut tetap dapat dilalui kendaraan dari kedua arah secera bergantian.

"Hari ini akan kita kordinasikan agar secepatnya dibuka kembali jalur tersebut karena selama ini Jalur Puncak-Cianjur merupakan jalur favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang," katanya.
Suyono dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VI Jakarta mengatakan berdasarkan hasil kajian dan masukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perbaikan jalan dilakukan dengan pengecoran beton ringan.

"Agar alam tidak terbebani akan dilakukan pengecoran dengan beton ringan serta dilakukan pemaprasan tebing sebelah kiri jalan yang longsor untuk dibangun landasan jalan baru, sehingga tebing yang sedang diperbaiki tidak kembali longsor," katanya.

Baca juga: BBPJN : Jalan Raya Puncak Pass masih layak dilalui
Pewarta: 
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jalur Puncak bisa dilalui secara bergantian

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.