Yogyakarta (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong masyarakat ikut berpartisipasi memantau jalannya pemilu dengan memanfaatkan pojok pengawasan partisipatif di Kantor Bawaslu DIY.

"Selain dapat berpartisipasi melakukan pengawasan, masyarakat juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai pemilu," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY Bagus Sarwono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Bagus, di pojok pengawasan partisipatif masyarakat diperbolehkan untuk datang, baik sekadar mencari informasi, ataupun untuk memperdalam pengetahuan tentang Pemilu.

Ia mengatakan sarana pojok pengawasan akan menampilkan informasi yang mudah diakses publik, khususnya mengenai data-data seputar pemilu.

"Masyarakat juga dapat mengupdate kegiatan pengawasan pemilu di lima kabupaten/kota secara terintegrasi," kata dia.

Bagus menilai saat ini kesadaran masyarakat DIY dalam pengawasan pemilu masih rendah. Padahal efektivitas kegiatan pengawasan pemilu memerlukan sinergi bersama masyarakat.

"Kami berharap partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu meningkat. Jika ada potensi pidana pemilu masyarakat kami harapkan proaktif melapor," kata dia.

Bagus menambahkan, Bawaslu DIY akan terus memperbarui dan menyempurnakan sarana informasi di ruang tersebut sehingga masyarakat bisa mengupdate informasi pemilu secara berkala.

"Kami sediakan buku-buku maupun data seputar pemilu. Jumlahnya akan terus kami tambah dan perbarui," kata dia.
Pewarta: 
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017