Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan masyarakat yang terdampak gempa bumi disusul tsunami di Sulawesi Tengah dan menawarkan bantuan yang diperlukan.

Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Indonesia adalah mitra penting, dan kami siap bekerjasama untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan," ujar Dubes Donovan dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu malam.

Menteri Luar Negeri AS Michael Richard Pompeo melalui akun Twitternya @SecPompeo telah menyampaikan pesan solidaritas serupa, dan menyatakan bahwa Kedutaan Besar AS di Jakarta akan terus memantau situasi dan siap memberikan bantuan.
 

Sebelumnya pemerintah AS telah menyalurkan bantuan dengan nilai total 40 ribu dolar AS atau Rp579 juta untuk para korban gempa bumi di Lombok, yang terjadi akhir Juli dan awal Agustus lalu.

Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk selimut, kantung tidur, terpal dan berbagai kebutuhan logistik lainnya.

Selain itu, pemerintah AS melalui program bantuan tanggap bencana juga memberikan fasilitas pengembangan kapasitas bagi otoritas tanggap bencana Indonesia untuk mempelajari bersama penanganan situasi sulit pascabencana

Baca juga: Lembaga kemanusiaan Turki kirim tim ke Donggala

Baca juga: Presiden Korea Selatan sampaikan keprihatinan gempa Sulawesi


Baca juga: Menlu Jepang sampaikan duka cita untuk korban gempa-tsunami Donggala
Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018