Jakarta, (ANTARA News) - PT PLN (Persero) menjanjikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Silae di Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan mulai memasok listrik pada Minggu malam.

"Alhamdulillah, kami berhasil memperbaiki tiga unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 MW atau total 3,9 MW. Ketiganya saat ini sedang dalam tahap penyesuaian dan ditargetkan paling lambat Minggu malam nanti sudah bisa menyala dan memasok listrik warga," kata Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda dalam rilisnya di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, keberhasilan perbaikan tidak terlepas dari tambahan 125 personel tim gabungan PLN Sulawesi yang tiba di Palu, Minggu pagi dan segera memperbaiki infrastruktur kelistrikan mulai pembangkitan, transmisi, gardu induk, jaringan tegangan menengah dan rendah hingga sambungan ke pelanggan.

Saat ini, lanjutnya, ketiga unit PLTD Silae tersebut masih dalam pengetesan sebelum dinyatakan siap untuk dinyalakan dan disalurkan melalui penyulang yang ada.

"Kami berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu pada malam ini mulai pulih secara bertahap," kata Huda lagi.

Ia juga memprediksi tim PLN kedua yang membawa tambahan genset dan alat berat tiba di Palu dan Donggala pada Minggu malam, sehingga bisa segera membantu proses verifikasi dan perbaikan kerusakan infrastruktur kelistrikan.

Huda menambahkan untuk rumah sakit dan posko telah memanfaatkan genset bergerak.

Saat ini, sudah ada 12 genset yang bisa dimanfaatkan untuk penerangan sejumlah posko dan ditambah 10 genset dari Manado.

"Kami berharap mobil pengangkut genset yang lainnya bisa segera tiba baik di Palu dan Donggala untuk menambah suplai penerangan warga. Kami terus pantau perjalanannya untuk memastikan baik genset maupun alat berat bisa tiba di lokasi dengan selamat dan cepat tiba di lokasi," kata Huda.

Baca juga: Panglima TNI: listrik dan saluran komunikasi di Palu masih terputus

Baca juga: Pasokan listrik di Palu segera pulih bertahap
Pewarta: 
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2018