Sunday, September 30, 2018

Dubes AS juga sampaikan belasungkawa

Dubes AS juga sampaikan belasungkawa
Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Saya telah menghubungi Menteri Luar Negeri Marsudi untuk ...
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan masyarakat yang terkena dampak gempa bumi yang disusul tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

"Saya telah menghubungi Menteri Luar Negeri Marsudi untuk menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan kami. Indonesia adalah mitra penting dan kami siap bekerja sama untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan," kata Dubes Donovan seperti dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta, Minggu (30/9).


Pada Minggu (30/9), Presiden China Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirimkan surat kepada Presiden Jokow Widodo untuk menyampaikan duka cita dan simpati atas terjadinya gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

Selain itu, kedua pemimpin negara tersebut juga menawarkan bantuan sesuai kebutuhan yang diperlukan pihak Indonesia untuk penanggulangan dan pemulihan pascagempa bumi berkekuatan 7,4 SR dan tsunami di Palu.

Sebelumnya, pada Sabtu (29/9), Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa Frederica Mogherini telah mengirimkan pesan yang sama kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Uni Eropa sendiri telah mengaktifkan Satelit Copernicus untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pemetaan wilayah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Dalam konferensi pers BNPB di Jakarta, Minggu (30/9), hingga saat ini terdapat empat kabupaten/kota yang terdampak bencana tersebut, yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Buton.

Sementara itu, jumlah korban meninggal dunia hingga Minggu, pukul 13.00 WIB, menjadi 832 jiwa, 540 orang luka-luka dan 16.732 orang mengungsi di 24 titik di Palu dan sekitarnya. 
 
Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dubes AS juga sampaikan belasungkawa

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.