Makassar, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Birang 1.6.611 untuk mengangkut bantuan logistik bagi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

"Semalam sudah kami berangkatkan personel ke lokasi bencana dan hari ini kembali memberangkatkan KAL Birang untuk membawa bantuan logistik bagi para korban," kata Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono di Makassar, Sabtu.

KAL Birang selain mengangkut bantuan makanan, minuman, dan obat-obatan serta tenaga medis juga membawa peralatan penunjang generator set (genset), terpal dan barang sumbangan lain dari Lantamal VI, PT Pertamina (Persero) Regional VII Makassar, Bank Mandiri, ACC Makassar dan masyarakat.

"Rencananya, bantuan yang dibawa akan sampai pada hari Minggu (30/9) di Kota Palu dan akan langsung disalurkan kepada yang membutuhkan," katanya.

Laksma TNI Dwi Sulaksono menyatakan sebelumua Satuan Tugas (Satgas) Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) sudah berangkat ke daerah terdampak gempa lewat jalur darat ke Kota Palu.

Bersama Satgas PRCB diberangkatkan pula tenaga medis, satu ambulans, tenda rumah sakit lapangan, tiga truk, tenda dapur lapangan, satu truk beras dan makanan siap saji dan minuman.

Baca juga: BNPB: korban gempa di Palu tambah jadi 384 orang
Baca juga: Aliran bantuan ke Palu-Donggala belum lancar karena akses sulit

 
Pewarta: 
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018